Got My Cursor @ 123Cursors.com

Rabu, 23 Mei 2012

THE LAST PARADISE....!!! Danau Sentarum....^^

Nah kalau yang ini adalah sebuah tempat di daerah saya, yaitu di kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan barat, danau Sentarum.

danau sentarum merupakan daerah hamparan banjir, karena ketika musim hujan danau ini akan terisi air sampai sedalam 6-14 meter. Namun ketika musim kemarau sebagian besar danau  menjadi kering. Danau ini memperoleh pasokan air yaitu dari pegunungan sekitarnya dan dari luapan sungai kapuas, yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia, ini nih sungainya:
Ada mitos yang mengatakan bahwa ketika seseorang meminum air dari sungai Kapuas, kemanapun dia pergi senantiasa akan kembali lagi ke daerah sungai Kapuas, yaitu Kalimantan. Jadi jika teman-teman telah jatuh cinta dengan Kalimantan ataupun dara Kalimantan, minum saja airnya^^. Boleh percaya boleh tidak. Ada juga lirik lagu daerah Kalimantan Barat yang mengatakan, jika kita meminum airnya, maka akan merasa susah untuk melupakannya.
Oke kita balik lagi ke the last paradise, begitulah julukan dari danau sentarum ini. Dengan segala keunikannya, danau sentarum merupakan danau terlangka di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara lho......
Banyak spesies yang hidup di sana merupakan spesies yang langka dan hanya ada di sana. Ikan-ikan yang hidup di sana tidak di temukan di belahan dunia lain, bahkan tercatat bahwa danau sentarum merupakan habitat ikan air tawar terlengkap di dunia, nih ikan-ikannya:
Ini adalah ikan arwana, penduduk setempat juga menyebutnya ikan siluk, atau ada juga yang menyebutnya ikan silok, tergantung logat dari orang-orang di sana. Ikan ini merupakan salah satu ikan yang banyak diburu orang. Dulu kata bapak saya tidak susah untuk menjumpai ikan ini, bahkan sangat akrab dengan manusia, namun kini sudah tidak demikian lagi. Ikan ini juga mempunyai harga jual yang tinggi.
Ini ikan ulang-uli namanya. Ikan yang cantik dan imut ini juga sudah mulai langka. Dulu waktu saya masih kecil, bapak saya sering menangkap ikan ini untuk saya pelihara. Namun kini sudah sangat sulit untuk menjumpai ikan ini. 
Kalau yang ini ikan toman namanya. Ikan ini biasanyanya banyak di jual di pasar, ataupun di jual oleh penjual ikan keliling. Kalau sekarang sih kita tidak susah untuk menjumpainya. Ikan ini masih keluarga ikan gabus, bentuknya mirip kan..?? Dagingnya sangat empuk dan manis, paling enak kalau dibakar dan dimakan dengan sambal kecap. Penduduk daerahku biasanya menghabiskan malam pergantian tahun dengan membakar ikan-ikan ini yang kemudian disantap bersama-sama dengan keluarga.
Dan masih banyak lagi ikan-ikan lainnya.
Rute perjalanan ke danau sentarum yaitu dari Pontianak ke Sintang dengan angkutan umum yaitu bus, bisa juga dengan motor, dan kendaraan pribadi lainnya kecuali pesawat. Dari Sintang kita kemudian menuju ke Semitau, tempat kelahiran saya. Jangan khawatir, teman-teman pasti akan menyukai perjalanan ini karena pemandangan alam yang sangat indah, lukisan sang Dewata. Teman-teman akan menjumpai deretan pegunungan yang hijau, nyanyian burung yang merdu, sungai yang jernih dan sejuk, pokoknya indahlah.... 
Lalu jangan mengaku sudah pernah ke sana kalau belum menyicipi ini:

Ini namanya Kerupuk Basah, rasanya enak sekali dan dimakan dengan sambal kacang. Terbuat dari daging ikan dan tepung kanji, ditambahi bumbu-bumbu lainnya. Ini merupakan salah satu makanan favorit saya. Paling enak kalau terbuat dari daging ikan ini ni :

Ikan belida, ikan yang juga menghuni danau sentarum.
Danau sentarum ternyata sudah terbentuk pada zaman es atau periode pleistosen. Salah satu kekayaan alam Indonesia yang harus kita jaga. 






0 komentar:

Posting Komentar